Rabu, 20 April 2016

Peringatan Hari Kesehatan Nasional "Cegah, Obati, Lawan Diabetes" 7 April 2016


Hari Kesehatan Sedunia diperingati setiap tanggal 7 April di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tanggal ini bertepatan dengan tanggal berdirinya Organisasi Kesehatan Dunia.Tema peringatan Hari Kesehatan Sedunia ( HKS )  2016 di tingkat global adalah "Diabetes", sedangkan di tingkat nasional tema yang diangkat adalah "Cegah, Obati, Lawan Diabetes".

Oleh karena itu amat penting untuk melakukan aksi mencegah, mengobati dan melawan diabetes bersama-sama. Dengan melakukan pencegahan, bisa menurunkan jumlah pengidap diabetes. Lalu, jika terdeteksi secara dini bisa mengurangi risiko komplikasi dan beban biaya.Jika pasien datang dengan komplikasi, beban ekonomi jadi lebih besar. Lalu jika sampai kecacatan juga besar"

Padahal, diabetes merupakan penyakit tidak menular yang bisa dicegah. Caranya dengan menjaga asupan makanan, banyak melakukan aktivitas fisik, dan memeriksa kesehatan secara teratur.Jika pun sudah dicegah, pasien tetap mengidap diabetes dengan mengikuti standar pengobatan untuk mencegah komplikasi pada tubuhnya. Sehingga pengidap diabetes terhindar dari masalah saraf, mata, ginjal, sistem kardiovaskular, serta serangan jantung dan stroke.


Di Indonesia sendiri, baru 30 persen pasien diabetes yang mengetahui dirinya terkena penyakit dengan kondisi kadar glukosa dalam darah tinggi. "Ini artinya ada sekitar 70 persen pasien diabetes yang tidak mengetahui dirinya terkena diabetes,"
Share:

0 komentar:

Posting Komentar