Jumat, 27 Desember 2019

Mengenal Terapi Akupuntur


MENGENAL TERAPI AKUPUNTUR


A.    Pengertian Akupuntur
Meski berkembang di Cina, kata akupuntur yang dalam bahasa aslinya adalah cenciu, lebih dikenal luas dengan nama yang berasal dari bahasa Yunani. Kata ini diambil dari acus yang berarti jarum dan punctura yang berarti menusuk. Saat masuk ke negara kita, kata akupuntur kemudian diadaptasi dalam bahasa Indonesia. Jadi secara bahasa, akupunktur berarti praktek pengobatan menggunakan jarum yang ditusukkan pada tubuh pasien.
Akupuntur merupakan teknik pengobatan menggunakan tusukan jarum yang menstimulasi titik-titik tertentu pada tubuh. Pengobatan ini dimaksudkan untuk memperbaiki aliran dan keseimbangan energi sepanjang jalur-jalur energi (meridian). Pengobatan tradisional akupuntur melihat tubuh manusia sebagai suatu sistem aliran energi, ketika aliran energi seimbang, maka tubuh sehat.

B.     Manfaat Akupunktur bagi Kesehatan
Meskipun akupuntur sering diasosiasikan sebagai manajemen rasa nyeri, tetapi sebenarnya pengobatan akupuntur dapat digunakan untuk aplikasi kesehatan yang lebih luas. Akupuntur dapat berkhasiat meskipun berdiri sendiri, atau sebagai penunjang dari perawatan medis konvensional. Hal ini karena banyaknya kelebihan akupuntur dibanding metode pengobatan lainnya.
Kelebihan akupuntur antara lain:
  • Aman dan alami
Tidak ada efek samping akupuntur yang timbul seperti pemakaian obat dalam jangka panjang karena sama sekali tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat merusak tubuh. Misalnya yang paling disuka adalah manfaat akupuntur pelangsingan.
  • Efektif mengurangi keluhan pasien
Akupuntur menyembuhkan beragam penyakit seperti mengurangi rasa badan sakit semua, menghilangkan ketergantungan pada obat kimia, menyembuhkan alergi, bahkan disebutkan juga dapat menjadi alternatif pengobatan bagi penderita kanker. Selain mengobati penyakit fisik, tekanan pada mental juga dapat disembuhkan lewat akupuntur. Pengobatan dengan metode ini dapat menenangkan, terutama bila dikombinasikan dengan pengobatan menggunakan metode lain. Inilah mengapa akupuntur juga bisa disebut sebagai cara menenangkan pikiran.
  • Murah
Bila dibandingkan dengan metode pengobatan lainnya, biaya pengobatan akupuntur jauh lebih murah. Hal ini karena hanya menggunakan alat berupa jarum steril yang ditusukkan pada titik tubuh tertentu. Tanpa obat-obatan yang mengandung bahan kimia, ataupun racikan herbal.
  • Rasional
Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa akupuntur termasuk salah satu alternatif pengobatan.

C.    Indikasi Pemberian Pengobatan Akupuntur
Bahkan Badan Kesehatan Dunia / world Health Organization (WHO) mengakui penggunaan akupuntur pada penanganan masalah kesehatan berikut ini:
  • Masalah mata :Konjungtivis akut, retinitis sentralis, miopia (rabun jauh) pada anak, katarak yang tanpa komplikasi
  • Masalah mulut : Sakit gigi dan nyeri post ekstraksi gigi, ginggivitis, pharingitis akut serta kronis.
  • Masalah pencernaan : Gastritis, maag, spasme usus besar, konstipasi atau sembelit dan diare.
  • Masalah pernafasan : Sinusitis, radang tenggorokan, bronkhitis, dan juga asma.
  • Masalah syaraf dan otot : kepala sering pusing, nyeri leher, nyeri pada iga, bahu kaku, nyeri pada siku, beragam peradangan otot, nyeri tulang belakang / pinggang bawah, skiatika, osteoarthritis.
  • Masalah urinasi dan kesehatan reproduksi.
  • Masalah kondisi emosional.
D.    Kontra Indikasi Pengobatan Akupuntur
Akupunktur sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli yang terlatih. Hal ini untuk mencegah terjadinya keluhan setelah diberikannya metode pengobatan ini. Walau sangat minim efek samping, namun akupuntur juga memiliki pantangan untuk diberikan pada suatu kondisi. Ada beberapa kondisi yang sangat tidak disarankan untuk melakukan terapi menggunakan jarum.
Kontra indikasi pengobatan akupuntur antara lain:
  1. Keadaan fisik lemah
  2. Menusuk daerah tumor atau kanker.
  3. Penderita yang memakai alat pacu jantung.
  4. Kedaruratan medik.
  5. Gangguan pembekuan darah.
  6. Ibu hamil trimester 1 karena dapat menyebabkan abortus.
  7. Menusuk kulit yang sedang mengalami radang / infeksi sistemik.
Untuk Anda yang ingin melakukan pengobatan dengan Akupunktur dapat langsung berkunjung ke eMHa Care yang beralamatkan di Jl. Gabugan-Gemolong Km 2 Canden Ketro Tanon Sragen. Atau bisa menghubungi di nomer 081315451472. Buka praktek setiap hari pagi jam 06.00-12.00 WIB dan sore jam 16.00-20.00 WIB.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar